Friday, March 18, 2011

Perubahan itu mutlak, karena tiada sesuatupun yang kekal kecuali perubahan itu sendiri.... (Kata-kata bijak, lupa di mana pernah baca...)

Betapapun banyak hal yang sudah kita alami bersama. Pada suatu titik, adalah suatu ikhwal yang wajar untuk berpisah.

Biasanya kamu nggak pernah posting lugas begini Kur? Ah, iya, mungkin karena kepala saya sedang pusing level medium (Paket KFC/McD kali y?) ato lagi nggak mood untuk memformat kata-kata dalam bahasa biner puitis. Sudahlah, tidak ingin kehilangan detil ceritanya ini, makanya dibikin lugas...

LABKOM, tepatnya Laboratorium Komputer STIKOM Surabaya. Tempatku berkarya dan menempa diri sejak... sejak kapan ya? (mendadak pikun) eh ya, Maret 2009, setelah sebelumnya melalang buana di bagian Pengabdian Masyarakat, Kemahasiswaan, dan Prodi S1 Sistem Informasi STIKOM Surabaya.

Berarti kalo dihitung-hitung sih, sudah 2 tahun. Waktu yang cukup padat dengan kegembiraan, petualangan dan pembelajaran buat Kurniawan yang selalu alpa dan cengengesan ini. Dan selama itu pula banyak hal, suka-duka, senang-susah yang kuarungi bersama segenap Crew LABKOM.

Trademark yang diusung LABKOM ialah : LABKOM INNOVATION CENTER, tapi untuk waktu-waktu ini rasanya singkatan tersebut telah berubah menjadi : LABKOM INVASION CENTER. Betapa tidak, terjadi mutasi yang lagi-lagi menempatkan sebagian dari Crew LABKOM di bagian lain.

Walau memang plesetan tersebut sebetulnya wajar sih, banyak personel STIKOM yang dulunya berkembang di LABKOM akhirnya menjabat Kepala di struktur organisasi STIKOM. Sejarah invasi personel lab yang selama ini diceritakan turun-temurun sebagai berikut :

  • Pak Tutut, Kabag PPTI, Kaprodi S1 SI
  • Pak Januar, Kabag LABKOM, Kabag PENMARU
  • Pak Anjik, Personel LABKOM, Personel PPTI, Kabag PPTI
  • Bu Tan Amelia, Personel LABKOM, Kepala Bagian SSI
  • Pak Panca, Kabag LABKOM, Kaprodi DIII MI & DIII KPK
  • Pak Yoppy, Kasie LABKOM, Kabag LABKOM

    Dan yang terjadi dalam minggu ketiga Maret 2011 inilah yang mengukuhkan LABKOM INVASION CENTER tersebut :

    • Pak Erwin, Kabag LABKOM, Manajer Pembelajaran dan Jaringan LABKOM -> Kaprodi S1 SI
    • Bu Tyas, Manajer SDM LABKOM -> Kabag Kendali Mutu

    Ternyata 2 orang tersebut harus "Dinas Luar", istilah bagi para Crew LABKOM yang harus pindah bagian maupun pindah institusi. Kenapa dinamakan "Dinas Luar"? Karena suatu saat mereka pasti "kembali". Minimal ketika buka puasa bersama setahun sekali. Rasa nostalgianya tidak bisa hilang, dan selalu disambut dengan canda tawa dan cerita-cerita masa lalu.

    Ok, tidak adil kalo hanya menyebutkan mereka yang "Dinas Luar", tapi yang "kembali" memang hanya satu orang yaitu :

    • Pak Anjik, Kabag PPTI -> Kabag LABKOM

    Ahh, rasanya bakal sangat kehilangan amukan dari Mbak, eh Bu Tyas kalau data praktikum ataupun proses maintenance lagi tidak beres (hehe, karena sudah jadi Kabag sungkan kalau mau panggil mbak).

    Juga bakal kehilangan motivasi dan guyonan serta teguran keras dari Mas Toms/Pak Erwin...

    Kita itu pasukan khusus, walau kiprah kita hanya di belakang layar, tapi ya itu kebanggaan kita. Masalah kita tidak diakui, ya itu resiko pasukan khusus (Erwin Sutomo, Malam H-1 Lebaran 2009)

    Semoga kutipan terakhir itu terus menguatkan langkahku, VIVAT LABKOM!

    (Sudah kehabisan kata dan hampir meneteskan air mata...)

    2 comments: